utaratu

Home » Event » Lomba Karya Anak Negri (LKAN) 2013

Lomba Karya Anak Negri (LKAN) 2013


TAIPEI, FORMMIT UTARATU – Ahad 3 Maret 2013, suasana masjid besar Taipei (Taipei Grand Mosque) begitu ceria, tak kurang dari 70 manusia berpaspor garuda memadati area masjid. Ada yang mengenakan busana muslimah, batik, kopiah, dan berbagai variasi sandang lainnya. Peralatan tulis pun tak luput menemani, mereka bergerak bersama memeriahkan sebuah event aktualisasi bakat dan kemampuan terpendam yang dimiliki putra-putri Indonesia dalam acara Lomba Karya Anak Negri (LKAN) 2013.

LKAN 2013 diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan (FORMMIT), disupport oleh PCI NU Taiwan dan Majelis Ta’lim Yasin Taipei (MTYT). Acara ini merupakan ajang unjuk gigi kemampuan anak negri di tanah rantau.

LKAN (1)

Para Peserta LKAN

Terdapat 6 lomba yang diselenggarakan dalam LKAN, lomba-lomba tersebut adalah Iqro, Qiroat, Saritilawah, Kaligrafi, Busana Muslimah, dan MC. Masing-masing lomba memiliki ciri khas nya masing-masing. Tak luput pula, para juri handal dari seantero negri yang sudah banyak makan asam garam pun didatangkan untuk menyeleksi siapakah yang layak menjadi pemenang.

Lomba Iqro diikuti oleh 9 orang peserta. Lantunan huruf hijaiyah yang disenandungkan oleh para bocah mungil nan lucu memaksa para juri untuk berbangga hati karena ternyata masih banyak calon generasi penerus Islam yang sudah fasih menyenandungkan huruf-huruf Arab di usia yang sangat muda.

Jika ada lomba Iqro, tentunya ada lomba Tilawah dan saritilawah. Indahnya firman Allah yang dilagukan membuat hati siapapun yang mendengarkan menjadi teduh. Makharijal Huruf nan fasih dan bacaan Tajwid yang sempurna menuntut para juri untuk berfikir lebih keras dan memutar otak lebih kencang untuk menentukan siapakah yang layak disebut sebagai Qori terbaik

Kejuaraan lain yang tak kalah “hot” adalah lomba MC. Para calon presenter massa depan yang penuh bakat menunjukkan taringnya dengan menjadi presenter dadakan dihadapan khalayak aula Taipei Grand Mosque. Intonasi suara, bahasa tubuh, ekspresi, dan pemilihan kata yang unik dan indah dari tiap peserta membuat juri semakin bingung menentukan manakah presenter terdahsyat diantara 8 presenter dahsyat.

Salah satu peserta lomba MC

Salah satu peserta lomba MC

Kompetisi busana muslimah pun tak kalah menarik perhatian orang yang menghadiri LKAN 2013 ini. 20 peserta yang semuanya adalah kaum hawa mengenakan busana muslimah yang membuat mereka tampak jelita bak pengantin. Keserasian antara pakaian dan postur peserta, kreativitas desain busana, dan ekspresi peserta dalam memperagakan busana menjadi parameter krusial yang dinilai oleh para juri yang tak lain adalah para ahli busana muslimah. Diantara banyak pertimbangan kriteria lomba busana muslimah, yang paling penting adalah syar’i atau tidaknya busana muslimah yang dikenakan oleh peserta, sesuai atau tidakkah busana muslimah yang dilombakan dengan perintah Allah QS Al Ahzab 59 dan QS An Nuur 31.

Tidak afdhol rasanya jika perlombaan ini tidak dilengkapi oleh lomba menulis kalam ilahi. Kalam-kalam Allah diukir dengan indah oleh 8 peserta lomba kaligrafi. Peserta harus menentukan 1 kalimat dari 5 pilihan kalimat berbahasa arab yang disediakan oleh panitia. Sentuhan kuas, dekorasi, penulisan huruf, dan tingkat variasi warna menjadi penentu juara lomba kaligrafi ini.

Salah satu peserta lomba kaligrafi

Salah satu peserta lomba kaligrafi

Lomba demi lomba pun telah terlewati dengan baik dan sudah tiba saatnya di penghujung acara. Sebelum acara ditutup, panitia mengumumkan seluruh pemenang lomba. Kebahagiaan terpancar dari seluruh khalayak yang hadir terlepas dari menang atau tidaknya mereka dalam kompetisi yang mereka ikuti. Para pemenang lomba akan mendapatkan sertifikat dan hadiah menarik dari panitia yang insya Allah akan dibagikan pada acara Tabligh Akbar tanggal 7 April 2013 di Taipei Main Station.

Semoga Allah senantiasa meridhoi yang kita lakukan, dan senantiasa memberikan hasil terbaik dari usaha yang telah kita lakukan, Amiin. (Adil; Dok: FORMMIT Utaratu)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: