utaratu

Home » Kuliner » Halal Hunting » Food Taipei 2012 : Lezatnya Makanan dari Seluruh Penjuru Dunia

Food Taipei 2012 : Lezatnya Makanan dari Seluruh Penjuru Dunia


TAIPEI, FORMMIT UTARATU – Festival selalu menarik untuk disaksikan, apalagi jika festival tersebut menampilkan berbagai makanan  yang berasal dari seluruh penjuru dunia. Pekan kemarin, tepatnya tanggal 27 – 30 Juni 2012 diadakan “festival” makanan akbar di Taipei yang melibatkan banyak negara asing untuk ikut berpartisipasi di dalamnya. Festival itu bernama The 22nd Taipei International Food Show yang diadakan di TWTC Exhibition Hall 1 dan TWTC Nangang Exhibition Hall. Kegiatan ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh Taiwan External Trade Development Council (TAITRA). Seperti yang dilansir dari China Exhibition*, food festival ini merupakan salah satu festival makanan paling penting di Asia. Food festival yang diberi nickname Food Taipei itu juga digunakan oleh para exhibitor untuk memperkenalkan produk-produk makanan mereka kepada pasar yang potensial.

“FOOD TAIPEI is one of Asia’s most important food fairs and had  celebrated its 21st birthday in 2011. The show itself has been the most popular platform for industry players to launch their products into the hottest Taiwan and overseas markets.“ – China Exhibition

TWTC Nangang Exhibition Hall

TAITRA – TWTC Hall 1

Negara-negara asing berlomba untuk memperkenalkan produk-produk makanan mereka dalam food festival Taipei ini. Selain dari Taiwan, negara yang ikut meramaikan festival makanan ini diantaranya adalah USA, Jepang, Korea, Thailand, Kanada, Amerika Tengah (Panama, Costa Rica, Belize, Nicaragua, EI Salvador, Honduras dan Guatemala), Negara-negara FTA, Spanyol, Belgia,  Filipina, Prancis, Chili, Makau, Austria, Sri Lanka, Argentina, India, Malaysia, Fiji, Peru, Hungaria, Balgaria,  Polandia dan tidak ketinggalan Indonesia.

Tahun ini, pengunjung Food Taipei 2012 mencapai 50,460 yang terdiri dari 45,310 pengunjung lokal/domestik dan 5,150 pengunjung internasional. Statistik dari China Exhibition* menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan pengunjung pada tahun 2010.

Pada hari terakhir Food Taipei 2012 yang lalu(30/06/2012), kami (beberapa pengurus FORMMIT Utaratu dan para halal hunters, red.) berkesempatan mengunjungi stand-stand yang ada di TWTC Exhibition Hall 1. Karena penasaran dengan Halal Products yang ada pada katalog, kami pun mencari stand Halal. Dan yang cukup mengagetkan kami adalah terdapat Prayer Room atau mushola di dalam TWTC Exhibition Hall.

Prayer Room dalam TWTC Exhibition Hall

Namun ternyata setelah ditelusuri lebih lanjut, stand produk-produk halal berada di TWTC Nangang Exhibition Hall. Untuk menuju TWTC Nangang Exhibition Hall, panitia TAITRA telah menyediakan shuttle bus khusus yang akan mengantar para pengunjung dari TWTC Hall 1 menuju Nangang secara cuma-cuma.

Berikut merupakan ulasan mengenai produk-produk yang bisa dan sempat kami makan dan icip disana.

Stand Produk-produk Vegetarian

1.       Soy Jerky

Merupakan produk aneka dendeng vegetarian. Dari foto di bawah ini, kita bisa mengamati dan mengingat karakter vegetarian [kiri atas].

Tag line : Vegetarian suitable for all religion.

Produk Dendeng Soy Jerky

2.       Gurume

Menyediakan produk seaweed vegetarian dan aneka produk yang berasal dari rumput laut.

Stand Gurume

3.       Kun Li Food Co., Ltd.

Perusahaan ini menjual produk daging buatan bagi vegetarian. Ada 2 macam rasa yang ditawarkan, daging dan seafood. Produknya berupa daging ‘buatan’ beku yang dapat langsung digoreng karena telah mengalami proses pengolahan sebelumnya.

Stand Kun Li Food

Produk Kun Li Food

4.       CKFoods

Perusahaan makanan ini memproduksi produk makanan yang berupa daging vegetarian dan beraneka dendeng vegetarian. Disini kami sempat mencicip semua daging buatan dan dendeng yang diproduksi oleh CKFoods.

Stand CKFoods

Vegetarian 100%

Stand Produk-produk Halal

1.      Fu Hwei Co., Ltd.

Merupakan stand yang menjual mi instant vegetarian. Produk yang dimiliki mendapatkan sertifikasi HALAL. Namun sayangnya produk-produk ini tidak dapat dinikmati di area Taiwan karena hanya melayani ekspor. Produk yang ditawarkan antara lain adalah seafood dan juga vegetarian.

Fu Hwei

Beberapa produk yang ditawarkan oleh Fu Hwei dapat dilihat dari foto di bawah ini. Cara mengkonsumsinya terbilang cukup praktis, hanya tinggal diseduh air panas dan didiamkan beberapa saat.

Produk Mie Fu Hwei

2.       Luxe Enterprises Ltd.

Menawarkan berbagai mie dan pasta yang beberapa diantaranya telah bersertifikasi HALAL. Namun sayangnya, saat kami disana stand mereka telah tutup. Kami hanya mendapatkan informasi dari produk-produk yang dipajang yang lengkap dengan sertifikat halal.

Luxe Enterprises Ltd.

Produk Luxe

Sertifikat Halal Luxe

Produk yang telah berlabel Halal

Produk Luxe

Produk Luxe

3.       Sweet Garden Food Co., Ltd.

Sweet Garden menawarkan produk sup yang telah bersertifikasi halal. Selain beberapa sup dalam cup, mereka juga menawarkan semacam biskuit manis. Produk mereka bisa dipesan by phone, dan dapat langsung diantar ke tempat tujuan pemesan. Sayangnya, produk halal mereka belum dipasarkan pada mart yang ada di Taiwan.

Stand Sweet Garden

Produk Sup Sweet Garden

Produk Biskuit Manis Sweet Garden

4.       Royal Family Food Co., Ltd.

Menyediakan berbagai kue-kue dan penganan manis serta mochi khas Taiwan. Produk mereka telah bersertifikasi halal.

Produk dan Stand Royal Family

Stand Remarkable Indonesia

Di Food Festival Taipei 2012, negara kita juga menampilkan beberapa produk untuk dipamerkan diantaranya Jamu Nyonya Meneer, Pop Ice, Produk-produk INACO Food, dan lain sebagainya. Bekerjasama dengan Kantor Dagang Indonesia di Taiwan (KDEI), stand-stand produk Indonesia mendapat tempat di TWTC Exhibition Hall 1.

Remarkable Indonesia

Stand INACO

Stand Nyonya Meneer

Stand POP ICE

Bekerjasama dengan KDEI

Sebenarnya ada banyak Halal Exhibitor yang belum sempat kami kunjungi, dikarenakan 2 hal. Pertama, pada hari itu merupakan hari terakhir Food Taipei 2012 sehingga sudah ada beberapa stand yang tidak menyediakan produknya atau malah sudah tutup. Kedua dikarenakan keterbatasan  waktu sehingga kami belum sempat melihat keseluruhan Halal Stand.

Halal, adalah prasyarat utama yang harus ada pada setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh seorang Muslim. Bersyukur, karena meskipun berada pada negara yang kondisinya minoritas Muslim, masih ada Halal Stand yang berada di festival tingkat internasional. (Dini/Media FORMMIT Utaratu; Foto: Dini, Licha)

*www.chinaexhibition.com

P.S : Berikut nama-nama stand Halal Exhibitor List 2012


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: