utaratu

Home » Pengabdian Masyarakat » Taipei Cultural Mosque: Masjid untuk Belajar IT

Taipei Cultural Mosque: Masjid untuk Belajar IT


TAIPEI, FORMMIT UTARATU  Selain Grand Taipei Mosque atau Masjid Besar Taipei, di kota Taipei juga terdapat masjid lain yang letaknya tidak jauh dari masjid tersebut. Berlokasi di No.3, Lane 25, Sec.1, Xin-Hai Rd., Taipei berdiri dengan kokoh Taipei Cultural Mosque atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Kecil Taipei. Mengapa disebut Masjid Kecil Taipei? Sudah tentu bisa kita tebak hal ini berkaitan langsung dengan ukuran Masjid Kecil Taipei yang tidak sebesar Masjid Besar Taipei (Grand Mosque Taipei). Letaknya memang sedikit masuk ke dalam gang. Namun kita bisa tetap dengan mudah mengenalinya. Dikarenakan masjid ini terdiri atas empat lantai. Sehingga bisa dilihat dari luar gang.

Taipei Cultural Mosque / Masjid Kecil

Masjid ini digunakan sebagaimana tempat ibadah umat Islam yaitu untuk sholat lima waktu serta sholat Jum’at. Selain itu juga dilakukan berbagai macam kegiatan di masjid ini. Seperti belajar mengaji untuk anak-anak dan kegiatan lain yang biasanya dilakukan oleh perhimpunan umat Islam Taiwan.

Selain itu, tak ketinggalan pula umat Islam dari Indonesia yang turut memakmurkan Taipei Cultural Mosque ini. Warga Negara Indonesia cukup banyak di Taipei terutama yang didominasi oleh para pekerja serta mahasiswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi di Taipei.

Sebagai wujud kepedulian mahasiswa muslim yang bermukim di Taipei kepada sesama umat muslim di Taipei, FORMMIT UTARATU mengadakan pelatihan setiap hari Minggu di Taipei Cultural Mosque. Pelatihan yang diselenggarakan ini berlangsung di lantai 4. Jenis pelatihan yang diberikan adalah pelatihan komputer serta pelatihan Bahasa Mandarin. Hal ini sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan dengan pihak pengurus masjid.

Dalam perkembangannya pelatihan Bahasa Mandarin kurang mendapat respon. Oleh karena itu saat ini hanya diadakan pelatihan komputer saja. Peserta pelatihan komputer ini adalah para pekerja Indonesia yang berdomisili di sekitar Taipei Cultural Mosque atau yang berada di kota Taipei.

Pelatihan komputer dilaksanakan pada setiap minggu ke-1 dan ke-3 setiap bulannya. Waktu pelaksanaan setiap pukul 14.00 sampai dengan 16.00 waktu Taiwan. Peserta pelatihan tidak bisa dipastikan berapa jumlah serta siapa saja yang mengikuti. Hal ini dikarenakan tidak semua pekerja mendapatkan jatah libur setiap minggunya. sehingga peserta bisa berubah-ubah tiap minggunya.

Untuk tim pengajarnya, Tim FORMMIT UTARATU menjadwalkan secara bergantian. Untuk instruktur utama sengaja dipegang oleh Reza Adhitya Saputra. Hal ini dikarenakan agar lebih mempermudah proses pembelajaran. Sedangkan untuk pendamping peserta pelatihan komputer dijadwalkan secara bergantian.

Suasana pengajaran komputer di Masjid Kecil Taipei

Materi pembelajaran komputer untuk pelatihan ini adalah Microsoft Word. Pelatihan dimulai dari hal yang paling mendasar. Mengingat peserta pelatihan, para pekerja, yang rata-rata belum begitu akrab dengan penggunaan komputer. Awal pempelajaran, materi yang disampaikan adalah mengenai pengenalan dan cara menulis dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word. Selanjutnya dilanjutkan tentang bagaimana mengatur tulisan, meng-copy-paste, bagaimana mengubah jenis huruf serta yang berkaitan dengan tampilan pengaturan tulisan. Menginjak materi selanjutnya adalah mengajari para peserta tentang meng-import gambar dan bagaimana meng-edit-nya, mengubah ukurannya.

Perkembangan terakhir tentang materi pelatihan komputer ini adalah materi penggunaan tabel. Peserta diajari bagaimana membuat tabel, apa saja fungsi tabel dalam kehidupan sehari-hari. Karena semua materi yang diajarkan adalah langsung bisa diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Sehingga materi yang disampaikan bisa bermanfaat bagi para pekerja di kemudian hari.

Harapan kedepannya adalah dengan adanya pelatihan komputer ini bisa dijadikan modal ilmu bagi para pekerja untuk diaplikasikan baik pada saat mereka masih bekerja di Taiwan maupun saat mereka sudah kembali ke Indonesia. (Laili, Dini/Media FORMMIT Utaratu)


3 Comments

  1. Fitri says:

    Apa bisa membantu menikahkan dan orang yang ingin masuk Islam

  2. […] FORMMIT UTARATU – Selain mengajar di masjid kecil, saat ini FORMMIT UTARATU juga memiliki agenda untuk mengajar kelas Bahasa Inggris dan kelas […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: