utaratu

Home » Pengabdian Masyarakat » Pengajaran IPIT » Belajar IT dan Bahasa Inggris di IPIT

Belajar IT dan Bahasa Inggris di IPIT


Suasana kelas komputer di IPIT

TAIPEI, FORMMIT UTARATU – Selain mengajar di masjid kecil, saat ini FORMMIT UTARATU juga memiliki agenda untuk mengajar kelas Bahasa Inggris dan kelas komputer. Sasaran utama dari agenda mengajar ini  adalah teman-teman TKI di sekretariat IPIT (Ikatan Pekerja Indonesia di Taiwan). Setiap hari Minggu, IPIT mengadakan berbagai macam kelas guna menambah wawasan serta kemampuan para TKI. Program yang diadakan IPIT ini salah satunya adalah dengan mengadakan  kelas bahasa Inggris dan kelas komputer. Untuk itu, tim pengajar dari FORMMIT UTARATU langsung terjun ke lapangan untuk bekerja sama dengan IPIT. Tim pengajar dari FORMMIT UTARATU adalah gabungan dari pelajar Indonesia yang bersedia untuk menjadi volunteer atau pengajar pada kelas Bahasa Inggris maupun kelas komputer. Kelas dilaksanakan dengan metode tatap muka/pertemuan langsung. Tim pengajar langsung datang ke sekretariat IPIT yang berada di Room 1002, 10F, Central Building, No.2 Chung Shan North Road, Section 1, Taipei City. 

Teman-teman TKI peserta kelas komputer

Kelas Bahasa Inggris dilaksanakan setiap minggu pertama dan ketiga pada tiap bulannya. Pembelajaran dimulai pada pukul 10.00 hingga pukul 12.00. Materi yang diajarkan dalam kelas Bahasa Inggris ini dimulai dari materi yang paling dasar. Mulai dari pengenalan alfabet, angka, dan berlanjut hingga ke materi-materi selanjutnya. Saai ini proses pembelajaran materi sudah mencapai daily activities. Jumlah peserta kelas bahasa Inggris setiap minggunya tidak menentu, berkisar lima hingga dua puluh orang. Ketidakmenentuan jumlah siswa yang hadir ini tidak lain karena jadwal libur bekerja TKI yang berbeda-beda. Materi disampaikan dengan cara pengajaran biasa seperti di kelas pada umumnya dan permainan (games). Selain melalui tatap muka di sekretariat IPIT pembelajaran materi juga dilakukan dengan menggunakan fasilitas facebook group. Teman-teman TKI yeng tergabung  dalam grup ini akan diberikan kata dalam Bahasa Inggris, kemudian dari kata-kata itu dibuat menjadi  kalimat. Selain itu, grup ini memfasilitasi teman-teman TKI agar dapat belajar bekomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Pembelajaran dilaksanakan dengan praktik langsung

Berbeda dengan kelas Bahasa Inggris, untuk kelas komputer dilaksanakan setiap minggu kedua dan keempat di tiap bulannya. Waktu pembelajaran kelas ini terjadi pada pukul 14.00-16.00. Materi disampaikan dengan cara praktik langsung.  Materi yang diajarkan adalah pengenalan Microsoft Office diselingi dengan pengenalan dasar/ pengetahuan umum mengenai komputer. Akhir dari pembelajaran kelas komputer adalah dengan pemberian tugas untuk membantu mereka mengingat kembali materi yang telah diberikan di kelas.  Sama halnya dengan kelas Bahasa Inggris, peserta kelas komputer tidak menentu di setiap pertemuan. Peserta berkisar antara empat hingga lima belas orang. Pada pertemuan terakhir (13/5/2012) teman-teman TKI yang datang sekitar 11 orang dengan jumlah pengajar 7 orang. Pada kesempatan itu dilakukan review materi-materi Microsoft Word yang sudah diberikan sebelumnya antara lain adalah format karakter pada Microsoft Word, mengatur perataan teks, menyisipkan file gambar ke dokumen, membuat dan mem-format tabel. Untuk kedepannya, diharapkan kelas Bahasa Inggris dan kelas komputer di IPIT dapat berjalan lancar dan pesertanya semakin banyak. (Rifqi, Laili/SPM FORMMIT Utaratu)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: